Sabtu, 22 Oktober 2011

METODE RISET 5

BAB 3
METODE PENELITIAN

3.1              Model Penelitian
Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, untuk menemukan suatu pengaruh dari dua variabel penelitian yakni variabel terikat atau dependent kepuasan pelanggan dengan variabel bebas atau independent tarif/harga, fitur canggih, serta sasaran pasar anak muda.
3.2              Data & Variabel Penelitian
3.2.1        Dalam penelitian ini data yang digunakan adalah :
3.2.1.1  Data primer
Data primer dari penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang diisi oleh responden
3.2.1.2  Data Sekunder
Data sekunder yang digunakan dalam penelitian ini berupa studi kepustakaan, jurnal, dan informasi dokumentasi lain yang dapat diambil melalui sistem on-line (internet).
3.2.2        Variabel penelitian adalah suatu atribut atau sifat atau nilai dari orang, obyek atau kegiatan yang mempunyai variasi tertentu yang ditetapkan untuk dipelajari dan ditarik kesimpulannya (Sugiyono, 2004). Variabel yang digunakan dalam penelitian dapat diklasifikasikan menjadi: (1) variabel independen (bebas), yaitu variabel yang menjelaskan dan mempengaruhi variabel lain, dan (2) variable dependen (terikat), yaitu variabel yang dijelaskan dan dipengaruhi oleh variable dependen.
3.2.2.1  Variabel Dependen
Variabel dependen dalam penelitian ini adalah kepuasan pelanggan (Y).
3.2.2.2  Variabel Independen
Variabel independen dalam penelitian ini adalah kualitas produk (X) yang terdiri dari:
1.      Tarif/harga (X1)
2.      Fitur Canggih (X2)
3.      Sasaran Pasar Anak Muda (X3)
3.3              Alat Analisis
3.3.1        Analisis Kuantitatif
3.3.1.1  Uji Validitas
Validitas yang digunakan dalam penelitian ini (content validity) menggambarkan kesesuaian sebuah pengukur data dengan apa yang akan diukur (Ferdinand, 2006). Biasanya digunakan dengan menghitung korelasi antara setiap skor butir instrumen dengan skor total (Sugiyono, 2004).
3.3.2        Analisis Regresi Linear Berganda
Dalam upaya menjawab permasalahan dalam penelitian ini maka digunakan analisis regresi linear berganda (Multiple Regression). Analisis regresi pada dasarnya adalah studi mengenai ketergantungan variabel dependen (terikat) dengan satu atau lebih variabel independen (variabel penjelas/bebas), dengan tujuan untuk mengestimasi dan/atau memprediksi rata-rata populasi atau nilai nilai variabel dependen berdasarkan nilai variabel independen yang diketahui (Ghozali, 2005). Persamaan Regresi dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel independen atau bebas yaitu Harga (X1), Fitur Canggih (X2), Sasaran Pasar Anak Muda (X3). Rumus matemastis dari regresi berganda yang digunakan dalam penelitian ini adalah :
Y = a + b1X1 + b2 X2 + b3X3 + e
Keterangan :
Y = Kepuasan Pelanggan
a = constanta
b1 = Koefisien regresi antara harga dengan kepuasan pelanggan
b 2 = Koefisien regresi antara fitur canggih dengan kepuasan pelanggan
b3 = Koefisien regresi antara sasaran pasar anak muda dengan kepuasan pelanggan
X1 = Variabel Harga
X2 = Variabel Fitur Canggih
X3 = Variabel Sasaran Pasar Anak Muda
e = error disturbances
3.3.3        Uji Parsial (Uji t)
Uji t pada dasarnya menunjukkan seberapa jauh pengaruh satu variable independen secara individual dalam menerangkan variasi variabel independen (Ghozali, 2001). Langkah-langkah Uji Hipotesis untuk Koefisien Regresi adalah: 1. Perumusan Hipotesis Nihil (H0) dan Hipotesis Alternatif (H1) H0 : β1 = 0 Tidak ada pengaruh yang signifikan dari masing-masing variabel bebas (X1, X2,X3) terhadap variabel terikat (Y). H1 : β0  ¹ 0 Ada pengaruh yang signifikan dari masing-masing variabel bebas (X1,X2,X3) terhadap variabel terikat (Y). 2. Penentuan harga t tabel berdasarkan taraf signifikansi dan taraf derajat kebebasan
_ Taraf signifikansi = 5% (0,05) _ Derajat kebebasan = (n-1-k)
3.4              Cara Pengambilan Data
3.4.1        Kuesioner (Angket)
Dalam kuesioner ini nantinya terdapat rancangan pertanyaan yang secara logis berhubungan dengan masalah penelitian dan tiap pertanyaan merupakan jawaban–jawaban yang mempunyai makna dalam menguji hipotesa. Penelitian ini mengunakan sejumlah statement dengan diberikan alternatif jawaban bagi responden untuk menjawabnya.
3.4.2        Studi Kepustakaan
Kegiatan mengumpulkan bahan-bahan yang berkaitan dengan penelitian yang berasal dari jurnal-jurnal ilmiah serta beberapa sumber lainnya.
3.5              Tahapan Penelitian
Dalam tahap penelitian ini, peneliti memulainya dengan melakukan edit terhadap data yang telah dikumpulkan dari hasil survey dilapangan. Lalu mengklasifikasikan data menurut kategorinya, memberi skor atas jawaban responden dan yang terakhir  menyajikan data-data yang diperoleh dalam tabel, sehingga diharapkan pembaca dapat melihat hasil penelitian dengan jelas.


3.6              Sampel Dan Populasi
Populasi adalah wilayah generalisasi yang terdiri atas obyek atau subyek yang mempunyai kualitas dan karateristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya. Sampel adalah bagian dari jumlah karateristik yang dimiliki oleh populasi tersebut (Sugiyono, 2004). Populasi untuk penelitian ini hanya menggunakan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Manajemen Depok Universitas Gunadarma kelas 3EA (3EA01-3EA10) PTA 2011-2012 dengan pengambilan sampel acak sebanyak 42 mahasiswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar