Sabtu, 12 November 2011

METODE RISET 7


BAB 5
KESIMPULAN DAN SARAN

5.1       Kesimpulan
Berdasarkan penelitian tentang pengaruh harga, fitur canggih, dan sasaran pasar anak muda terhadap kepuasan pelanggan pada produk IM3 di Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma kelas 3EA PTA 2011-2012, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut:

Dari hasil regresi linear berganda dan uji t diatas  menunjukkan bahwa ketiga koefisien regresi tersebut bertanda positif dan signifikan. Dari ketiga variable tersebut, menunjukkan bahwa variable harga paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan IM3 dengan nilai tertinggi. Responden menilai kalau harga yang ditawarkan IM3 jauh lebih murah dibandingkan dengan provider lain sehingga lebih mempengaruhi untuk mendorong kepuasan pelanggan IM3 di Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma kelas 3EA PTA 2011-2012. Namun, variable lain seperti fitur canggih dan sasaran pasar anak muda juga berpengaruh dalan kepuasan pelanggan IM3 di Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma kelas 3EA PTA 2011-2012.
5.2       Saran
Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini, maka diajukan saran-saran sebagai pelengkap terhadap hasil penelitian sebagai berikut :
5.2.1    Saran Untuk Perusahaan
1. Perusahaan perlu meningkatkan kualitas produk IM3 terutama pada sinyal IM3 untuk mempertahankan loyalitas pelanggan. Karena kualitas produk yang baik akan menimbulkan kepuasan pelaanggan pada suatu produk sehingga mendorong untuk melakukan pembelian ulang pada merek yang sama.
2. Indosat IM3 merupakan operator selular dengan segmen pasar anak muda. Agar mereka tetap loyal terhadap produk IM3, perusahaan perlu membuat desain yang menarik dan mengikuti trend saat ini karena anak muda mempunyai karakter yang ingin selalu mengikuti perkembangan jaman.
3. Segmen pasar IM3 yang sebagian anak muda harus menjadi pertimbangan utama perusahaan dalam menetapkan harga. Hal ini dikarenakan mayoritas anak muda belum mempunyai penghasilan. Perusahaan harus mempertimbangkan harga yang terjangkau untuk pelanggan agar mereka tetap melakukan pembelian ulang pada IM3 yang nantinya akan mendorong loyalitas pelanggan.
5.2.2    Saran Untuk Penelitian Mendatang
Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terhadap faktor-faktor selain harga, fitur canggih serta sasaran pasar anak muda yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada produk IM3 di Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma Kelas 3EA PTA 2011-2012. Hal ini dikarenakan, dalam penelitian ini ketiga variabel tersebut hanya mampu menjelaskan sebagian variasi kepuasan pelanggan. Penelitian ini belum memasukkan variabel atas aspek lain yang mungkin dapat mempengaruhi dan menyempurnakan hasil penelitian ini. Untuk penelitian yang akan datang disarankan untuk meneliti operator selular dengan merek-merek lainnya yang mungkin mengalami permasalahan yang hampir sama dengan operator selular IM3. Selain itu disarankan juga untuk mencari ruang lingkup populasi yang berbeda dan lebih luas dari populasi dalam
penelitian ini.
5.2.3    Kekurangan Penelitian
Penelitian ini juga masih memiliki keterbatasan – keterbatasan. Denga keterbatasan ini, diharapkan dapat dilakukan perbaikan untuk penelitian yang akan datang. Adapun keterbatasan dalam penelitian ini antara lain :
1.      Jumlah responden belum bisa menggambarkan kondisi riil yang sesungguhnya.
2.      Jumlah variable belum bias mewakili beberapa variable yang tidak diteliti.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar